Thursday 18 August 2011

rumput tetangga lebih hijau


Suatu hari seorang teman tersenyum lebar. Teman yang lain menyoraki minta traktiran. Damn, ia mendapatkan sesuatu yang aku inginkan dari dulu. Dan dengan bangganya ia menceritakan ke semua orang. Ego saya berbicara dalam hati, “Cukup deh, masih ga puas juga kamu pamer dan ga ngerti gimana perasaanku?” mungkin ini timbul karena aku merasa aku bukan orang yang suka show off kalo punya sesuatu yang baru dan membiarkan orang-orang tahu sendiri tanpa harus berkoar-koar dan bikin pengumuman, jadi aku suka risih sendiri kalo ada yang begitu.

“Dasar sombong,”

Atau
Aku yang kelewat iri?

Suatu ketika ada teman pula yang bercerita, kalo dia pengen pindah kerja hanya karena “cuma” bergaji 4 juta sekian sedangkan temannya yang lain bergaji 6 juta sekian di perusahaan lain (itu baru level staf bukan supervisor atau manager). Aku bilang aja, “Udah deh syukurin aja, toh kamu baru masuk ini. Tar kalo da promosi pasti naek juga tu gaji, belom lagi tunjangan kesehatan, pesangon, pensiun seumur idup sampe mati…”  Taruhan deh, meski dia bergaji 10 juta ngalahin temennya itu pasti tetep aja dia ngeliatnya ke atas, iri ma yang gajinya 15 juta mungkin.

Sudah jadi sifat dasar manusia sering ga puas dengan apa yang sudah ia miliki. Tentang apa aja deh, fisik, materi, keluarga, kesehatan, pasangan dan lain-lain. Milik orang lain selalu tampak hebat di mata seseorang. Iri ada bagusnya sih, kalo hal itu dibikin untuk memacu semangat berbuat atau menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Tapi engga banget deh kalo iri ke arah yang negatif. Ini salah satu kebesaran Tuhan memberi berbagai emosi pada manusia, tinggal gimana mereka mengolahnya.

Balik yang tadi, apa aku kelewat iri?
Bersyukur emang susah ya, tapi kalo dilanda api “iri” aku akan mengalihkan perhatianku ke tempat lain. Suatu tempat yang pastinya lebih rendah dari tempatku berdiri dan sementara waktu enggan mendongak ke atas. Berkata dalam hati, “Itu yang aku inginkan, tapi jika aku ga mendapatkannya, berarti bukan itu yang aku butuhkan”
Dan aku yakin, teman yang mendapatkan sesuatu yang aku inginkan itu, pasti ada satu dua hal yang bikin dia iri juga sama kelebihan aku…haha, pede banget yak..namanya juga,  rumput tetangga akan selalu lebih hijau. 

No comments:

Post a Comment